banner gambar

MOBIL KARYA ANAK BANGSA YANG MENDUNIA

Proyek mobil Indonesia sepertinya memang selalu bermasalah. Pernahkah Anda mendengar tentang mobil Timor yang digadang-gadang menjadi mobil nasional pada pertengahan tahun 1998? Mobil Timor atau singkatan dari “Teknologi Industri Mobil Rakyat” ini dirancang akan menjadi mobil nasional seperti Proton di Malaysia.
Mobil Timor, yang sudah terlanjur dibebaskan dari berbagai biaya yang sering dikenakan pada mobil buatan luar, akhirnya mampat, seiring dengan krisis ekonomi dan jatuhnya rezim Soeharto. Belakangan juga diketahui bahwa Timor ternyata adalah Kia Sephia 1995 yang diberi kosmetik dan label berbeda.
Dua tahun sebelum Timor pun, BJ. Habibie sempat membuat proyek mobil nasional Maleo berkapasitas 1200cc. Namun sayang, proyek tersebut mampat karena pembiayaan proyek Mobil Timor menyedot sebagian besar budget mobil nasional.
Indonesia sebenarnya juga pernah memiliki mobil buatan sendiri, yaitu mobil dengan desain, mesin, perakitan dan lainnya dilakukan di Indonesia walaupun masih menggunakan merk asing, yaitu Toyota Corolla dan Mazda Van tren.
Lepas dari beberapa hal di atas, pada tahun-tahun belakangan ini sebenarnya sudah banyak inovasi anak bangsa yang bermunculan. Berikut adalah beberapa mobil Indonesia hasil kreativitas anak bangsa yang menciptakan inovasi berupa ide, miniatur, hingga wujud nyata.
Mulai Dari Sini :Mobil Tucuxi
Halaman 2


No comments:

Post a Comment