banner gambar

TIPS MENGHEMAT BATERAI UNTUK ANDROID

Android - Mendapatkan sesuatu yang maksimal dengan pengeluaran yang minim, mungkin semboyan inilah yang sedang dianut oleh hampir seluruh orang didunia. Kita harus mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin, hingga akhir – apakah hal tersebut salah? Tentu tidak bukan. Hal ini juga berlaku dengan pemakaian smartphone Android kita, tentunya kita menginginkan ponsel bersistem operasi monster hijau ini agar bisa digunakan secara maksimal tanpa perlu khawatir akan baterai yang mendadak cepat habis.

Lalu bagaimana tips menghemat baterai Android? Mungkin banyak cara yang bisa dilakukan agar baterai ponsel Android anda, tapi apakah anda pernah mencoba cara yang berbeda ini. Jika belum? Kami memiliki 9 tips menghemat baterai Android Anda.


Batasi aplikasi yang berjalan pada background sistem operasi anda

Semua aplikasi yang berjalan pada ponsel Android anda, baik itu berjalan secara langsung atau hanya pada background sistem, membutuhkan tenaga untuk berjalan. Hal ini berarti, konsumsi baterai anda juga akan bertambah. Sering kali kita hanya melakukan “close (menutup)” aplikasi tersebut, namun sebenarnya aplikasi tersebut tidak benar-benar tertutup. Aplikasi tersebut berjalan pada background anda, terus berjalan, entah itu selalu melakukan pengecekan sinyal, melihat kompas, melakukan ping ke server dan berbagai kegiatan lainnya yang kita tidak tahu. Semakin berkembangnya sistem operasi Android, manajemen memori dari OS ini juga berkembang. Android mampu mengatur aplikasi yang berjalan pada background anda dan menutup beberapa aplikasi yang memang tidak anda gunakan, hal ini bertujuan agar anda bisa menggunakan Android dalam jangka waktu yang cukup lama. Tapi, tentunya anda menginginkan kontrol terhadap ponsel Android anda sepenuhnya bukan?


Lalu bagaimana kita menghentikan aplikasi yang tidak kita gunakan? Sehingga baterai Android kita bisa tetap awet. Anda mungkin bisa menggunakan cara lama, yaitu memasang aplikasi “app killer”. Cara ini merupakan cara lama dan penggunaannya kadang diperdebatkan. Jika anda sering menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan, hal ini akan menyebabkan ponsel Android anda akan mengkonsumsi banyak energy, mengapa? Karena aplikasi “app killer” membutuhkan energi untuk menghentikan beberapa proses aplikasi yang telah anda jalankan sebelumnya. Jadi, mengapa kita tidak menggunakan metode yang baru? Ini dia metode baru yang akan kami paparkan.
Pada smarphone Android selain merek Samsung, anda bisa dengan mudah mengetuk tombol multitasking dan menyingkirkan beberapa aplikasi yang masih berjalan. Beberapa produsen handphone Android dilengkapi dengan tombol “Kill All” yang terletak dibawah layar. Untuk Ponsel Android bermerk Samsung, prosesnya sedikit berbeda.
Tekan dan tahan tombol Home pada smartphone Android anda, jika anda memiliki perangkat yang baru seperti Samsung Galaxy S5, anda bisa mengetuk tombol multitasking, tombol multitasking sama seperti tombol menu yang ada.
Setelah menekan tombol multitasking pada perangkat anda, anda akan melihat urutan aplikasi seperti pada gambar diatas. Jika anda perhatikan, anda juga akan melihat tombol yang bentuknya menyerupai tabel berbentuk pie (pie-chart). Tekan tombol pie-chart tersebut. Sekarang tekan tombol menu “Active applications” pada layar bagian atas. Kemudian, akan muncul urutan aplikasi yang sedang aktif pada ponsel Android anda. Untuk menghentikan semua aplikasi tersebut, anda hanya perlu menekan tombol “End”. Kemudian akan muncul kota dialog peringatan, yang meminta anda untuk meneruskan atau menghentikan. Anda bisa menghentikannya jika aplikasi tersebut memang tidak anda gunakan. Cukup mudah bukan?
Cara berikutnya, mungkin anda bisa memasang aplikasi seperti Tasker atau Llama pada ponsel Android anda, untuk menghentikan aplikasi atau memulai aplikasi kembali tergantung dari waktu yang anda gunakan. Yap, ini berarti Tasker atau Llama akan selalu berjalan pada background sistem anda, tapi jika menggunakan aplikasi ini kita bisa menghentikan 2 hingga 4 aplikasi akan sangat menguntungkan bagi kita. Sekedar informasi untuk aplikasi Tasker dan Llama tidak membutuhkan tenaga yang berlebih, sehingga cukup nyaman untuk dijalankan pada background sistem anda.


Kami menyarankan jika anda ingin sebuah aplikasi berjalan pada background sistem, pastikan anda terus mendapatkan pembaharuan terhadap aplikasi tersebut. Kadang kala, pembaharuan terhadap aplikasi tersebut mampu meningkatkan penghematan energy aplikasi dan pastinya membuat aplikasi tersebut berjalan lebih efisien.Baca Halaman 2


No comments:

Post a Comment